5 Misteri Dibalik Lukisan Mona Lisa Yang Mengejutkan

   Lukisan Mona Lisa yaitu sebuah lukisan karya Leonardo Da Vinci yang diperkirakan dibuat sekitar abad ke 16. Bagi pecinta seni terutama seni lukis tentu lukisan ini sangat berarti bagi mereka, karna mereka merasa heran dengan lukisan ini. Tapi jika untuk orang awam tentu tidak merasa heran dan tidak terlalu mempermasalahkan lukisan ini, karna itu hanyalah sebuah lukisan belaka. Tentang lukisan ini masih mempunyai misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini, mulai dari siapa dia? Sedang apa dia, dan berbagai macam spekulasi lainnya.
5 Misteri Dibalik Lukisan Mona Lisa Yang Mengejutkan

     BACA JUGA:

   Lukisan ini sangat berarti bagi Leonardo Da Vinci, sampai-sampai Ia membawa lukisan itu bersamanya setiap kemanapun Ia pergi. Oleh karna itu para pecinta seni menjadi heran siapa orang yang dilukiskan itu, akhirnya banyak peneliti lukisan yang meneliti sampai bertahun-tahun dan menemukan berbagai petunjuk yang mengejutkan.
1. Senyum Mona Lisa.
   Senyum Mona Lisa ini diteliti oleh ilmuwan Universitas Amsterdam dan Universitas Illinois menggunakan alat pengukur emosi. Setelah diukur kelengkungan, kerutan oleh alat itu menghasilkan beberapa poin ekspresi dari senyum Mona Lisa, yaitu 2% marah, 6% takut, 9% jijik, 83% bahagia. Oleh karna itu berbagai spekulasi muncul dari ekspresi Mona Lisa, apakah saat itu ia sedang cemas atau bahagia, tetapi spekulasi lain tidak percaya dengan hal seperti itu, karna hal itu hanya lukisan.
2. Ilusi optik belaka.
   Margaret Livingstone, seorang ahli persepsi visual dari Universitas Harvard, diresmikan pada Konferensi Eropa pada Visual Persepsi diadakan di La Coruna mengungkapkan sebuah pernyataan ilmiah yang menyatakan bahwa "senyuman memesona yang terkesan muncul selintas pada wajah Mona Lisa tersebut terjadi akibat efek dari suatu ilusi optik, senyuman itu dapat tertangkap mata justru pada saat seseorang tidak tengah langsung memandang ke arah bibir Mona Lisa”.
   Livingstone dalam penelitiannya menggunakan metode kerja dengan menscanning reproduksi lukisan Mona Lisa lalu menghilangkan seluruh image bayang dan efek yang ada dalam area pandang peripheral, sehingga lukisan tersebut hanya menyisakan image kontras dan beda warna seperti yang wajar terlihat dalam area fovea atau area daerah pusat pada area bidang pandang. Proses tersebut mengakibatkan pandangan mata manusia tidak dapat lagi menangkap adanya senyuman pada lukisan Mona Lisa. Ketika efek bayangan dimasukkan kembali pada lukisan, maka dengan segera senyum itu muncul kembali.
3. Mona Lisa sedang mengandung.
5 Misteri Dibalik Lukisan Mona Lisa Yang Mengejutkan

   Tangan di perut telah menyarankan beberapa peneliti bahwa model itu hamil pada saat berpose. Tampak jelas bahwa tangan beristirahat di satu sama lain dan keduanya di lengan kursi, bukan di perut. Mencoba untuk memperjelas teori kehamilan, sekelompok peneliti menggunakan scanner untuk inframerah dalam tiga dimensi, yang hasilnya diterbitkan pada 26 September 2006 oleh Dewan Penelitian Kanada. Dengan menggunakan teknik ini, mereka percaya bahwa dia memang wanita yang sedang hamil. Di antara kesimpulan, aneh nya studi ini menemukan bahwa berat model adalah 63kg dan tinggi 168cm.
4. Mona Lisa ibu dari Leonardo Da Vinci.
   Beberapa ahli sejarah percaya bahwa Leonardo mungkin telah melukis Mona Lisa sebagai gambaran dari ibunya, Caterina Da Vinci (1427-1495). Pernyataan ini dimuat dalam Encyclopadia Britannica.
5 Misteri Dibalik Lukisan Mona Lisa Yang Mengejutkan

5. Mona Lisa tidak memiliki bulu mata.
   Mona Lisa tidak memiliki alis dan bulu mata. Menurut para ahli, Leonardo menghindari alis dan bulu mata untuk meninggalkan ekspresi ambigu, atau mungkin tidak pernah menyelesaikan pekerjaan. Dan sejarawan lainnya mengatakan bahwa itu adalah adat bagi wanita mulia untuk mencukur alis mereka di abad ke 16.
   Karna sudah menjadi barang antik, lukisan ini di simpan di museum Louvre, Prancis, lukisan ini dilindungi dengan kaca anti peluru, karna pencurian terhadap lukisan ini sering terjadi.
5 Misteri Dibalik Lukisan Mona Lisa Yang Mengejutkan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Misteri Dibalik Lukisan Mona Lisa Yang Mengejutkan"

Posting Komentar